Skip to main content

5 Manfaat Melakukan Rencana Keuangan

Jika anda bertanya-tanya tentang manfaat apa yang bisa diperoleh dari merencanakan keuangan.. atau anda merasa perlu diyakinkan kenapa rencana keuangan sekarang menjadi perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan rencana keuangan saat ini.

Memperbesar Peluang Mencapai Tujuan

Jika kita tidak punya rencana, maka kemungkinannya kita termasuk ke dalam golongan orang yang hidup mengalir mengikuti arus kehidupan. Tidak ada yang salah dengan hal ini, namun pada kenyataannya beberapa hal membutuhkan perencanaan keuangan yang cukup baik. Sebut saja misalnya merencanakan pendidikan anak dan mempersiapkan penghasilan pengganti saat masa pensiun nanti. Dengan melakukan rencana keuangan kita bisa melakukan tahap demi tahap mencapai tujuan dan menabung sesuai dengan kebutuhan.

Pilihan Instrumen Investasi

Semakin jauh dan dini kita mempersiapkan rencana keuangan, semakin banyak instrumen investasi yang bisa kita pilih dan semakin besar resiko investasi yang bisa kita tanggung dan portofolio keuangan kita bisa menjadi lebih maksimal dan demikian pula sebaliknya. Semakin dekat kepada tujuan, maka pilihan kita semakin sedikit karena tujuan investasi jangka pendek menjadi lebih kepada keamanan dananya, sedangkan hukum investasi adalah semakin aman sebuah instrumen investasi, maka semakin kecil tingkat keuntungan yang bisa kita harapkan.

Bersiap Terhadap Kondisi Tak Terduga

Semakin kita menunda merencanakan keuangan, resiko finansial dan resiko kehidupan seperti misalnya resiko kesehatan semakin tinggi. Dengan merencanakan keuangan, kita tahu kapan sebaiknya kita membeli sebuah produk asuransi dan jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita saat ini. Atau bagaimana caranya mengantisipasi dan bersikap terhadap fluktuasi pasar modal agar tidak menuai kerugian.

Biaya 

Bayangkan hal ini, ketika anda membuat keputusan keuangan sendiri tanpa didampingi seorang perencana keuangan yang kompeten dan berpengalaman. Maka kemungkinannya adalah bisa saja terjadi kerugian akibat membeli produk yang tidak dibutuhkan, berbiaya tinggi atau produk yang salah untuk mencapai tujuan. Misalnya ada di antara klien kami yang membutuhkan asuransi kesehatan rawat inap, namun karena dia kurang memahami berbagai jenis asuransi medis yang dia beli adalah asuransi santunan harian rawat inap. Bayangkan jika ketika dibutuhkan ternyata manfaat asuransi yang didapatkan tidak sesuai kebutuhan sedangkan biaya premi sudah dibayarkan. Dan ketika waktu sudah berjalan terkadang kesalahan keputusan di masa yang lalu menjadi berbiaya tinggi. Biaya ini bisa lebih tinggi daripada membayar jasa seorang perencana keuangan yang kompeten yang akan membantu anda dalam merancang keuangan anda.

Kendali Keuangan

Tidak memiliki rencana keuangan akan menjadikan pengeluaran kita cenderung tidak terkendali, karena kita tidak tahu batasan gaya hidup sehat yang dibutuhkan agar hidup kita selamat di setiap tahapan. Kenaikan pendapatan akan terus diikuti dengan kenaikan pola gaya hidup, akhirnya pendapatan tidak bersisa dan kadang masih diikuti dengan hutang konsumtif.

Comments

  1. Bahan softw akunting comp


    Akunting Mudah Modul Company merupakan software akuntansi online yang diperuntukan bagi bisnis yang berkembang, selain Penjualan dan Biaya, sudah memerlukan pengelolaan aset yang lebih baik.

    Untuk info lebih lengkap di http://yuk.bi/t1b657

    Modul ini menawarkan Full report lengkap: Neraca Keuangan, Laba-Rugi, Arus Kas, dan lain-lain. Disertai +5 user untuk koordinasi.

    3x Lebih Mudah, 2x Lebih Cepat dan100% Akurat Sebuah aplikasi yang didesain khusus bagi para Business owner dilengkapi berbagai keunggulan lainnya seperti :

    💻 Dengan sekali klik, dapatkan neraca keuangan, laba rugi, plus rasio keuangan, dll. Memberikan informasi lengkap layaknya bisnis modern.

    📄 Data Anda terjamin kerahasiaannya, dan tersimpan dengan aman, menghindarkan Anda dari resiko data hilang.

    💻 Multi user, dengan fasilitas upload nota. Koordinasi dan berbagi data keuangan menjadi mudah.

    📄 Harganyajauh lebih MURAH dibandingkan aplikasi akuntansi lainnya yang dibandrol hingga jutaan rupiah.

    Untuk informasi dan pembelian hanya di >>> http://yuk.bi/t1b657

    💻 Tersedia juga pendataan stok masuk (fitur stok keluar dalam tahap pengembangan).

    📄 Setiap pembelian produk AkuntingMudah, sudah disertai Buku Manual Penggunaan

    Harga Awal : Rp 495.000 (Untuk 6 Bulan)
    Harga Spesial : Rp 419.000 (Untuk 6 Bulan)

    "Cegah bangkrut dan raih kesuksesan dalam bisnis Anda sekarang juga!"

    Waktunya merapikan administrasi perusahaan anda!, kami akan membantu anda lewat software ini, mau membeli? Langsung saja kunjungi stand online kami di > http://yuk.bi/t1b657

    ReplyDelete

  2. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

50 Cara Menghemat Pengeluaran

Berhemat adalah salah satu cara untuk menciptakan surplus yang paling mudah dan cepat dilakukan. Berhemat tidak sama dengan kikir atau pelit. Berhemat adalah mengefektifkan pengeluaran agar tidak mubazir dalam penggunaannya. Dengan berhemat kita dapat mewujudkan masa depan seperti membiayai pendidikan anak, membeli rumah idaman, mewujudkan kualitas kehidupan di hari tua yang lebih baik, berinvestasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa teknik berhemat yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran dan menciptakan surplus dalam keuangan kita.

1 Mengurangi Makan di Luar
Apakah anda termasuk orang yang sering makan di luar ketika jam makan siang kantor? Atau Anda sering membuat janji temu di luar bersama kolega, rekan bisnis atau teman? Dengan mengelola pengeluaran makan siang saja anda bisa berhemat sangat banyak. Saat ini pengeluaran untuk makan siang bisa mencapai Rp 35 - 50 ribu untuk sekali makan di kafe atau resto atau bahkan lebih. Membawa bekal dari rumah bisa menjadi so…

Menyusun Portofolio Investasi Pribadi

Ketika anda berinvestasi, memadukan beragam jenis kelas aset yang berbeda untuk melakukan diversifikasi dan meminimalisasi resiko selalu menjadi pertanyaan. Bagaimana proses perencanaan investasi untuk mengoptimalkan keuntungan investasi dengan resiko minimal? Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam menyusun portofolio investasi anda.

Menetapkan Kebutuhan Investasi

Sebelum memulai berinvestasi, kita harus menentukan dulu apa tujuan dari investasi yang kita lakukan. Tentunya kita semua sepakat.. harapan dari berinvestasi adalah sudah jelas untuk memperoleh keuntungan. Benar keuntungan investasi yang anda inginkan, namun.. keuntungan investasi seperti apa tepatnya? Secara garis besar, kita menggolongkan keuntungan investasi dalam 3 kelompok. Pertama adalah untuk memperoleh pendapatan rutin dari investasi kita, kedua untuk meningkatkan nilai aset atau yang ketiga adalah paduan antara pendapatan rutin dan sekaligus kenaikan atau pertumbuhan nilai aset. Tujuan ini akan mempengaruhi b…

Berapa Idealnya Rekening Tabungan yang Harus Dimiliki?

Hal sederhana tapi sering luput dari perhatian ketika melakukan pengelolaan keuangan pribadi adalah sebenarnya berapa banyak rekening tabungan yang perlu dimiliki seseorang. Apakah satu rekening saja tidak cukup?

Ada alasan tertentu mengapa kita perlu membuat beberapa rekening untuk tabungan kita. Pertama adalah untuk kemudahan dalam melakukan monitoring atas perkembangan keuangan kita. Kesalahan dalam melakukan manajemen keuangan adalah mencampurkan uang hasil pendapatan, kebutuhan arus kas bulanan dan tabungan dalam satu rekening. Dampaknya, seringkali kita berpikir telah menabung namun ternyata ujungnya terpakai untuk membayar pengeluaran karena tidak bisa membedakan uang yang direncanakan untuk belanja sehari-hari dan kebutuhan sebagai simpanan masa depan.

Kedua adalah untuk mendisiplinkan diri dalam mengelola keuangan. Dengan memiliki beberapa rekening dengan tujuan masing-masing maka kita memiliki kendali atas uang kita. Misalnya, jika kita sudah mengalokasikan sejumlah uang unt…