Skip to main content

Pahami Karakter Sebelum Berinvestasi

Investasi mana yang paling sesuai untuk saya? Apakah yang memberikan imbal hasil dan keuntungan tinggi tetapi beresiko? Atau yang memberikan kepastian namun kecil nilai keuntungannya? 

Dua pertanyaan itu adalah pertanyaan yang sering berputar di benak investor pemula. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi ada baiknya kita mengenali beberapa jenis karakter investor yang diharapkan bisa membantu kita memilih produk investasi yang tepat untuk kita.

Secara garis besar, pada umumnya kita mengenal 4 karakter investor:


1. Risk averse (Penghindar Resiko)

Jenis investor ini adalah investor yang mengharapkan kepastian dan keamanan modalnya, tidak menyukai fluktuasi serta cenderung menolak bahkan cemas jika terjadi fluktuasi pada investasinya. Keuntungan yang pasti meskipun kecil lebih dia sukai apalagi jika disertai jaminan keamanan modal. Pada umumnya jenis investor ini meletakkan uangnya pada instrumen investasi pasar uang (deposito) yang memberikan jaminan keuntungan serta proteksi modal.

2. Konservatif

Jenis investor konservatif juga termasuk tipikal investor yang menyukai kepastian atas keuntungan dan modal. Namun pada umumnya jenis investor ini masih bisa menerima resiko investasi selama jenis resiko itu benar-benar dipahami dan dia mengerti sekali bagaimana mengantisipasinya dengan tingkat keberhasilan yang besar. Kebanyakan investor tipe ini meletakkan sebagian besar investasinya di instrumen pasar uang (deposito) serta obligasi jangka pendek (kurang dari 3 tahun) sekitar 80% dari total portofolionya. Sekitar 20% diletakkan di instrumen yang berkembang seperti saham dan properti. 

3. Moderat

Investor jenis yang satu ini memiliki karakter antara agresif dan konservatif pada saat yang bersamaan. Investor jenis ini bersedia untuk menanggung resiko lebih tinggi untuk mendapatkan peluang keuntungan yang lebih besar pada portofolio investasinya. Mengutamakan keseimbangan portofolio antara jenis investasi yang beresiko tinggi namun di lain sisi berpeluang keuntungan lebih besar, umumya investor jenis ini meletakkan portofolionya pada porotofolio seimbang 50% pada pasar uang dan pendapatan tetap (obligasi) dan 50% pada instrumen investasi yang berpeluang bertumbuh (saham, properti dan emas).   

4. Agresif

Jenis investor ini adalah jenis investor yang paling menikmati resiko dalam berinvestasi. Prinsip utama dalam benaknya adalah high risk berarti high return. Cenderung berminat pada pertumbuhan investasi yang tinggi, jenis investor tipe ini sangat tertarik dan meletakkan mayoritas investasinya pada instrumen investasi beresiko tinggi seperti saham atau pun reksadana saham.

Pahami profil resiko anda dengan baik, dan berada dimana persisnya anda. Jangan berinvestasi di produk investasi yang resikonya tidak bisa anda tanggung. 

Selamat berinvestasi!

Comments

Popular posts from this blog

Servo Uang

Dikutip dari catatan seorang teman (Faradhita) Tulisan ini menjelaskan mengapa merubah kebiasaan dalam berbagai bidang... baik spiritual, intelektual, emosional, kesehatan, keuangan dan relasi membutuhkan kekuatan untuk berubah. Semoga bermanfaat... Pernahkan anda ingin melakukan sesuatu tapi tidak pernah terjadi ? misalnya ingin sehat..tetapi di hadapan anda selalu makanan enak, berkolsterol dan lemak. Ingin menabung tetapi selalu ada aja penyebab uang keluar dari kantong? Itulah Servo anda... yaitu suatu proses loop tertutup untuk mengkoreksi proses secara terus menerus agar tetap dapat menuju “target” yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, peluncuran peluru kendali menerapkan teknik servomechanism, dimana ketika target telah “dikunci”, maka gerakan peluru yang mulai melenceng akan direvisi ulang sehingga kembali menuju arah semula, proses revisi ini berlangsung terus menerus, sampai dengan akhirnya peluru kendali tepat mengenai sasaran yang telah ditetapkan. Apa hubungannya dengan p

Menyusun Portofolio Investasi Pribadi

Ketika anda berinvestasi, memadukan beragam jenis kelas aset yang berbeda untuk melakukan diversifikasi dan meminimalisasi resiko selalu menjadi pertanyaan. Bagaimana proses perencanaan investasi untuk mengoptimalkan keuntungan investasi dengan resiko minimal? Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam menyusun portofolio investasi anda. Menetapkan Kebutuhan Investasi Sebelum memulai berinvestasi, kita harus menentukan dulu apa tujuan dari investasi yang kita lakukan. Tentunya kita semua sepakat.. harapan dari berinvestasi adalah sudah jelas untuk memperoleh keuntungan. Benar keuntungan investasi yang anda inginkan, namun.. keuntungan investasi seperti apa tepatnya? Secara garis besar, kita menggolongkan keuntungan investasi dalam 3 kelompok. Pertama adalah untuk memperoleh pendapatan rutin dari investasi kita, kedua untuk meningkatkan nilai aset atau yang ketiga adalah paduan antara pendapatan rutin dan sekaligus kenaikan atau pertumbuhan nilai aset. Tujuan ini akan mempengaru

Plus Minus Punya Rekening Bersama Pasangan (Joint Account)

Untuk yang sudah berkeluarga pasti pernah kepikiran bagaimana mengelola keuangan bareng pasangan. Salah satu alat yang mudah adalah membuat rekening bersama ( joint account ) pasangan. Ada 2 jenis rekening bersama yang bisa kita buat. Yaitu adalah rekening bersama dalam format " or " dan " and ". " Or " maksudnya adalah otorisasi untuk dana keluar dapat dilakukan oleh salah satu pihak saja, baik suami atau istri. Sedangan rekening bersama jenis "and" berarti untuk otorisasi transaksi rekening membutuhkan persetujuan 2 pihak yaitu suami dan istri tidak bisa salah satunya. Berikut ini adalah plus minus memiliki rekening bersama untuk yang sudah menikah.  Plus: Bisa untuk rekening penampung keperluan rumah tangga, jadi kedua pasangan bisa mengetahui kebutuhan pengeluaran rumah tangga sebulan. Saling memonitor pengeluaran rumah tangga yang sudah dan belum dikeluarkan serta pengecekan dana yang masih tersedia dari mulai awal bulan hingga akhir bu