12 June 2011

Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit sebagai salah satu fasilitas pinjaman yang banyak tersedia di masyarakat saat ini seringkali menjadi momok buat sebagian masyarakat. Kartu kredit seringkali dianggap sebagai pedang bermata dua. Di satu sisi dapat membantu dan memberikan kemudahan memperoleh pinjaman sewaktu-waktu (meskipun bunganya paling mahal dibanding instrumen hutang yang lain) di sisi lain kita sering mendengar, atau mungkin mengenal orang yang akhirnya menjadi korban kartu kredit. Sebenarnya bukan kartu kreditnya yang jahat, namun penggunanya yang seringkali keliru dalam memanfaatkan kartu kredit sebagai instrumen hutang. Sebagai istrumen keuangan, meskipun kartu kredit banyak digunakan oleh masyarakat.. problemnya adalah masyarakat tidak mendapatkan edukasi yang cukup tentang bagaimana menggunakan kartu kredit secara baik agar tidak terjebak dalam lilitan kartu kredit.



Berikut adalah beberapa TIPS menggunakan kartu kredit:
  1. Plafon atau saldo kartu kredit bukanlah penghasilan tambahan. Setiap sen uang yang anda ambil dari pinjaman kartu kredit harus anda kembalikan berikut bunganya. Kewajiban ini adalah mutlak.. apakah anda bekerja atau tidak bekerja, punya uang atau tidak punya uang.
  2. Gunakan kartu kredit hanya jika menguntungkan. Berhutanglah untuk untung, jika tidak untung.. jangan berhutang. Bandingkan jika anda membeli barang yang anda inginkan itu dengan menabung. Apakah harganya menjadi lebih murah atau lebih mahal. Jika ternyata barang yang anda beli akan menjadi lebih mahal (biasanya sih tidak) dan bahkan jika anda membayar bunga kartu kredit itupun anda masih untung maka silakan saja anda membeli dengan kartu kredit. Gunakan fasilitas diskon produk atau jasa yang ditawarkan kartu kredit anda.
  3. Bayar tepat waktu. Jangan terlambat membayar kartu kredit anda, karena akan dikenakan penalti di luar bunga yang anda harus bayar. Ini berarti anda membayar lebih banyak untuk setiap sen yang anda keluarkan untuk barang yang anda beli
  4. Lunasi segera. Jika anda tidak segera melunasi, pihak kartu kredit akan membebankan bunga kepada sisa hutang anda. Bank menginginkan anda tetap memiliki saldo hutang, karena dari sanalah mereka menciptakan pendapatan dari bunga yang dibebankan kepada anda dari sisa hutang anda. Mengapa pembayaran minimum diletakkan di posisi strategis dalam saldo tagihan anda? Anda diharapkan (oleh bank tentunya) agar hanya membayar minimal dari pembayaran tagihan anda atau ya tidak jauh dari angka seputar itu. Semakin lama anda berhutang, semakin lama pihak kartu kredit memperoleh income. Jadi, katakan "tidak" pada pembayaran minimum.
  5. Jangan tergoda iming-iming diskon semata. Tahukah anda kartu kredit menawarkan banyak kemudahan diskon ekslusif dengan tujuan agar anda segera menggunakan kartu kredit. Strategi berikutnya adalah bagaimana caranya agar anda tidak segera melunasi hutang anda. Meskipun kita tahu bahwa hutang kartu kredit harus dilunasi segera... melihat tulisan pembayaran minimal pada lembar tagihan terlihat sangat menarik.
  6. Miliki secukupnya saja. Anda tidak membutuhkan banyak kartu kredit untuk semua keperluan atau diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit. Masih banyak fasilitas lain untuk memperoleh tawaran diskon khusus untuk hal-hal yang anda inginkan termasuk misalnya layanan jasa voucher diskon yang sekarang banyak dipasarkan. Miliki 1 atau 2 kartu kredit saja yang memiliki saldo besar dengan bunga yang rendah.
Kartu kredit bukan musuh jika kita pandai menggunakan dan cermat mengendalikan penggunaannya. Poin, diskon dan penangguhan bunga untuk tagihan bulan pertama selalu bisa kita manfaatkan sebaik mungkin selama kita disiplin dalam penggunaannya. Semoga manfaat.

No comments:

Post a Comment