01 June 2015

10 Tahun Lagi Pensiun? Ini yang Harus Anda Lakukan

Tidak terasa waktu berjalan. Jika anda sekarang termasuk golongan pekerja yang 10 tahun lagi menuju pensiun, hal-hal apa saja yang harus anda siapkan agar ketika waktu itu tiba anda sudah benar-benar siap menghadapinya?


  1. Lakukan evaluasi keuangan. Tidak ada hal yang lebih penting dalam persiapan pensiun selain dengan memperhatikan laporan keuangan kita kembali. Catat segala aset yang sudah anda miliki, hutang anda yang masih berjalan, sumber pemasukan anda dari mana saja saat ini serta pengeluaran anda. Jangan lupa untuk mencatat juga berapa manfaat pensiun yang akan anda peroleh serta nilai uang pertanggungan asuransi jiwa anda.
  2. Periksa pos pengeluaran yang masih berjalan ketika pensiun seperti misalnya kebutuhan hidup, rekreasi dan aktivitas sesudah pensiun yang masih membutuhkan biaya. Dan periksa apakah ada beberapa pengeluaran tahunan yang harus disiapkan juga seperti membayar pajak dan perbaikan rumah yang kemungkinannya masih akan terus berjalan meskipun sudah memasuki masa pensiun. Perhatikan juga jika ada cicilan hutang yang masih akan berjalan atau mungkin pendidikan anak yang belum selesai bahkan setelah anda pensiun.
  3. Periksa sumber pendapatan setelah pensiun. Beberapa perusahaan menyediakan manfaat pensiun sebagai pengganti penghasilan melalui program DPLK atau DPPK nya. Sumber pendapatan mana lagi yang akan dapat menggantikan pendapatan yang hilang karena pensiun. Sumber pendapatan ini bisa dari hasil sewa proeperti, usaha atau bisnis, hasil karya atau pun menjual keahlian dan pengalaman anda setelah bertahun-tahun menjalani profesi anda.
  4. Ketahui nilai dana pensiun yang dibutuhkan kelak. Umumnya manfaat pensiun yang diberikan oleh perusahaan adalah sangat minim. Tidak akan mampu untuk mencukupi atau mensupport gaya hidup anda sebelum pensiun. Hitung berapa dana pensiun yang memadai yang dapat digunakan mulai sejak pensiun hingga akhir masa pensiun kita dengan cara bertingkat. Berapa yang dibutuhkan untuk membiayai pensiun kita hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar, 80% gaya hidup terakhir hingga 100% gaya hidup. 
  5. Rencanakan untuk menambah tabungan dan investasi dana hari tua anda dan investasikan dana hari tua dengan seksama agar memberikan tingkat keuntungan yang memadai. Tetap optimis dalam menghadapi pensiun anda apapun kondisi anda saat ini. Setiap sen yang anda sisihkan akan tetap berkontribusi dalam menambah dana pensiun anda. Jangan gegabah dalam mengelola dana pensiun dan sebaiknya konsultasikan dengan para perencana keuangan yang memahami bagaimana cara terbaik menghadapi pensiun Anda. 
Semoga sedikit tips menghadapi pensiun ini dapat memberikan solusi bagi Anda dalam mempersiapkan hari tua yang sejahtera. Be Smart with Your Money! (BR)

1 comment:

  1. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 10.000 Euro dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    ReplyDelete