Skip to main content

50 Cara Menghemat Pengeluaran



Berhemat adalah salah satu cara untuk menciptakan surplus yang paling mudah dan cepat dilakukan. Berhemat tidak sama dengan kikir atau pelit. Berhemat adalah mengefektifkan pengeluaran agar tidak mubazir dalam penggunaannya. Dengan berhemat kita dapat mewujudkan masa depan seperti membiayai pendidikan anak, membeli rumah idaman, mewujudkan kualitas kehidupan di hari tua yang lebih baik, berinvestasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa teknik berhemat yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran dan menciptakan surplus dalam keuangan kita.

1 Mengurangi Makan di Luar

Apakah anda termasuk orang yang sering makan di luar ketika jam makan siang kantor? Atau Anda sering membuat janji temu di luar bersama kolega, rekan bisnis atau teman? Dengan mengelola pengeluaran makan siang saja anda bisa berhemat sangat banyak. Saat ini pengeluaran untuk makan siang bisa mencapai Rp 35 - 50 ribu untuk sekali makan di kafe atau resto atau bahkan lebih. Membawa bekal dari rumah bisa menjadi solusi pengeluaran makan siang dan berkontribusi besar pada kemampuan menabung anda.

2 Mal Hanya Ketika Ada Kebutuhan

Berapa kali dalam sebulan anda pergi ke pusat perbelanjaan atau mal? Coba kalkulasi biaya parkir anda selama anda berada di pusat perbelanjaan. Tidak sedikit bukan? Apalagi jika anda berada di sana hingga berjam-jam. Anda merubah penghasilan yang dengan susah payah anda cari dan anda berikan begitu saja kepada pengelola parkir. Kunjungi mal jika memang anda memiliki kebutuhan dan efisiensikan keberadaan anda di sana. 

3 Membayar Cicilan Tepat Waktu

Hindari denda dan pinalti karena pembayaran cicilan yang terlambat. Jika anda memiliki hutang kartu kredit, pertimbangkan untuk melunasinya lebih cepat karena anda tidak bisa melunasi kartu kredit dengan pembayaran minimum. Dan bunga kartu kredit adalah salah satu bunga hutang konsumtif yang terbesar. Hati-hati dalam menggunakannya agar hutang anda tidak menumpuk.

4 Manfaatkan Promo dan Poin Hadiah Kartu Kredit

Namun, bukan berarti kartu kredit tidak memiliki kegunaan. Banyak merchants yang bekerjasama dengan kartu kredit dan memberikan potongan harga khusus untuk berbagai produk atau jasa. Baik itu restoran, barang elektronik dan lain sebagainya. Dan jangan lupa anda memiliki poin hadiah dalam setiap transaksi anda menggunakan kartu kredit. Jika anda menggunakannya dengan seksama, kartu kredit dapat menjadi kawan berhemat yang baik.

5 Menggunakan Satu Alat Transportasi untuk Bersama

Jika anda memiliki beberapa kenalan yang memiliki rute harian yang sama dengan waktu yang sama, serta berangkat atau pulang dengan waktu yang hampir bersamaan. Pertimbangkan untuk menggunakan satu kendaraan untuk bersama. Anda bisa berbagi pengeluaran kendaraan bersama teman-teman anda. Tentunya ini lebih murah daripada jika anda harus menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi pekerjaan anda. 

6 Makan dengan Menu Bersama

Makan siang di luar bersama teman-teman juga dapat lebih murah dan terjangkau ketika kita memutuskan untuk memakai menu bersama layaknya kita makan bersama keluarga. Seringkali porsi makan paket yang disajikan di restoran cukup besar untuk berdua. Dengan menu bersama, anda bisa mencicipi menu lain tanpa biaya tambahan. 

7 Merencanakan Pengeluaran Besar

Dalam hidup kita memiliki beberapa pengeluaran besar baik dalam jangka pendek, menengah ataupun panjang. Jika kita merencanakan terlebih dahulu dan mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran besar ini, kita bisa memilih instrumen investasi terbaik yang bisa kita miliki. Artinya kita bisa berhemat dan mengantisipasi pengeluaran besar itu pada saat pengeluaran itu tiba. Bahkan dalam beberapa kasus pengeluaran itu bisa kita biayai dengan lebih murah karena ada kompensasi dari keuntungan investasi. Membuat rencana keuangan membantu anda untuk membeli masa depan dengan biaya lebih murah.

8 Merencanakan Liburan Lebih Awal

Membeli tiket pesawat, akomodasi hotel dan sewa kendaraan lebih awal biasanya jauh lebih murah. Banyak maskapai penerbangan dan hotel yang memberikan potongan harga khusus di saat-saat low season atau ketika anda memesan jauh-jauh hari. Gunakan promo hotel dan tiket penerbangan murah maka anda bisa berhemat bahkan anda bisa menikmati kualitas liburan yang lebih baik dengan anggaran yang sama. 

9 Manfaatkan Sale Tahunan

Meskipun hampir setiap bulan selalu ada Sale, sebut saja Lebaran Sale, Christmas Sale, End of Year Sale, Clearance Sale, Valentine's Sale dan sale-sale yang lainnya. Tapi selalu ada saja sale khusus yang memberikan potongan harga lebih dari 50-60%. Manfaatkan diskon tahunan ini untuk mendapatkan barang terbaik dengan kurang dari separuh harga.

10 Memodifikasi Penampilan

Biasanya kita ingin tampil berbeda dalam setiap kesempatan. Jangan buru-buru membeli pakaian baru agar terlihat berbeda. Dengan sedikit perubahan pada kombinasi-kombinasi warna pakaian, tambahan aksesoris dan gaya rambut anda juga bisa terlihat berbeda dan tetap menarik. Kombinasi stok pakaian lama dengan pakaian baru mungkin juga bisa digunakan untuk merubah tampilan anda. Pintar-pintar mencari referensi untuk mendapatkan kombinasi terbaik.

11 Hemat Listrik

Seberapa sering anda membiarkan alat elektronik tersambung dengan steker atau sumber listrik? Meskipun tidak digunakan, peralatan elektronik yang terhubung dengan sumber listrik tetap menyedot listrik dari sumbernya. Matikan jika tidak digunakan dan lepaskan dari sumber listriknya. Gunakan juga peralatan penghemat listrik yang banyak dijual di pasar. Peralatan tersebut fungsinya adalah memperbaiki kualitas listrik yang ada di rumah sehingga penggunaannya lebih baik. 

12 Mengemudi Efektif

Teknik mengemudi yang baik bisa menghemat pengeluaran BBM hingga 10%. Perilaku mengemudi yang baik juga bisa menambah usia kendaraan sehingga mengurangi biaya pemeliharaan. Banyak sumber di internet yang mengajarkan cara mengemudi yang baik dan hemat bahan bakar. Praktekkan dan latih dalam keseharian.

13 Hindari Macet

Kemacetan di Jakarta seringkali tidak bisa dihindari, namun masih bisa disiasati dengan mengatur jadwal perjalanan kita setiap hari atau mengatur rute perjalanan yang tidak terlalu padat. Tidak selalu berhasil, namun jika setidaknya kita bisa mengurangi 50% perjalanan kita dalam kemacetan, efisiensi bahan bakar bisa cukup signifikan.

14 Daur Ulang Barang-barang Bekas yang Sudah Tak Terpakai

Cek barang-barang dan peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai. Beberapa mungkin sudah menjadi penghuni gudang atau beberapa mungkin ada yang menjadi barang incaran kolektor. Jika masih bisa memiliki nilai, ada baiknya barang-barang tersebut kita jual dan hasil penjualannya mungkin bisa menjadi tambahan investasi atau tabungan anda. Selain menghindari penumpukan barang di rumah, juga bisa melatih intuisi kita dalam keputusan berbelanja di masa yang akan datang.

15 Transfer Saldo Cicilan Kartu Kredit

Kartu kredit anda berbunga tinggi? Jika ada tawaran pinjaman lunak berbunga rendah anda juga dapat menjadikan hal ini sebagai alternatif pelunasan kartu kredit anda. Yang harus anda pastikan adalah ketika anda merubah cicilan kartu kredit menjadi pinjaman lain, pinjaman tersebut berubah menjadi sebuah pinjaman cicilan tetap. Disini kemampuan mencicil harus dipertimbangkan.

16 Membeli Produk Buatan Supermarket

Terkadang kita temui supermarket yang biasanya kita kunjungi menjual produk-produk sejenis dengan mereknya sendiri. Dan umumnya produk tersebut dijual dengan harga di bawah harga barang sejenis dengan merek yang sudah dikenal. Barang-barang ini bisa dijadikan sebagai alternatif belanja yang lebih murah untuk kategori yang sama atau menjadi barang substitusi kebutuhan rutin bulanan anda.

17 Belanja Bersama

Membeli barang dalam jumlah grosir tentunya akan mendapatkan harga grosir. Untuk menyiasati pengeluaran rutin bisa juga kita melakukan belanja rutin bersama teman-teman untuk mendapatkan harga grosir. Tentunya kegiatan ini harus dilakukan di toko grosir yang menjual barang kebutuhan rumah tangga secara grosir.  

18 Kurangi Iuran Tahunan Pusat Kebugaran

Seberapa sering anda datang ke pusat kebugaran? Jika seandainya penghematan yang anda lakukan tidak signifikan, membayar sesuai kehadiran akan lebih menghemat uang anda dibandingkan dengan membayar iuran keanggotaan pusat kebugaran secara tahunan. Biasanya kebanyakan orang membayar iuran keanggotaan karena terlihat jauh lebih murah, namun ternyata seringkali mereka tidak konsisten dalam memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Akhirnya bisa jadi keanggotaan di pusat kebugaran itu menjadi mubazir dan sia-sia karena tidak terpakai.

19 Bersepeda Menuju Tempat Kerja atau Menggunakan Kendaraan Umum

Bike to work. Kenapa tidak? Selain hemat, kegiatan ini juga menyehatkan dan mengurangi polusi lingkungan. Pastikan keamanan perjalanan dan kesehatan sepeda anda. Menggunakan fasilitas kendaraan umum juga menjadi alternatif yang baik jika lokasi rumah anda jauh dari lokasi kantor.

20 Kurangi Gadget di Rumah

Rata-rata rumah tangga memiliki 3 gadget di rumahnya. Dan setiap gadget biasanya harus terkoneksi dengan internet. Jika masing-masing gadget memiliki langganan jaringannya sendiri tentu ini akan menjadi pengeluaran yang berlebihan. Jika gadget tersebut tidak terlalu sering digunakan ada baiknya kita saling berbagi dalam penggunaannya.

21 Gunakan Fasilitas Wifi Bersama

Koneksikan jaringan di rumah dengan jaringan wifi sehingga anda cukup hanya memiliki satu jaringan internet untuk semua perangkat elektronik anda yang membutuhkan jaringan internet. Bahkan bisa juga anda menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa rumah dalam satu kawasan. Perhatikan ketentuan dari provider untuk hal ini.

22 Berkebun Di Rumah

Menanam sendiri buah atau sayuran kesukaan. Selain hasilnya bisa dinikmati sendiri, bisa juga sebagian hasilnya dijual. Saat ini ada komunitas-komunitas berkebun yang semakin berkembang. Sebut saja misalnya komunitas Indonesia Berkebun . Mereka mengajarkan cara memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk berkebun dan sekaligus juga memanfaatkan dan memasarkan hasil dari kebun tersebut. 

23 Budayakan ASI

Susu adalah kebutuhan utama bayi. Dan tidak ada susu terbaik bagi bayi selain air susu ibu (ASI). Dengan mengutamakan pemberian ASI kepada bayi selama masa pertumbuhan 2 tahun pertama bayi, biaya penghematan susu formula bisa dialihkan untuk investasi masa depan lainnya, seperti untuk dana pendidikan anak nantinya misalnya.

24 Lokasi Strategis Tempat Tinggal

Lokasi tempat tinggal yang terlalu jauh dari lokasi pekerjaan selain akan menghabiskan energi juga akan menguras kantong karena biaya transportasi yang tinggi. Pertimbangkan untuk mendekatkan lokasi rumah dengan lokasi pekerjaan atau aktivitas harian seperti sekolah anak. 

25 Cari Alternatif Rekreasi Akhir Pekan Bersama Keluarga

Mal saat ini menjadi satu-satunya hiburan bagi masyarakat urban untuk rekreasi keluarga. Padahal masih banyak alternatif berakhir pekan lainnya selain di mal. Kita bisa mengajak keluarga ke tempat-tempat rekreasi lain yang lebih edukatif seperti kebun binatang, pusat budaya, tempat bersejarah ataupun museum. 

26 Rekening Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Kurangi pengeluaran bulanan dengan memilih tabungan yang bebas biaya administrasi. Dengan fasilitas ini uang kita akan terbebas dari pengeluaran yang tidak perlu, dan bunga tabungan bisa tetap utuh menjadi milik kita.

27 Bebaskan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Gunakan fasilitas bebas iuran tahunan dari kartu kredit anda. Iuran tahunan kartu kredit anda sudah bisa digunakan untuk berinvestasi di reksadana. Jika kita bisa menghemat pengeluaran ini bukan tidak mungkin hasil penghematan tersebut bisa kita gunakan untuk hari tua kita.

28 Cicilan 0%

Tidak salah memanfaatkan fasilitas ini. Jika anda memang membutuhkan sebuah barang dengan segera, dan anda harus membelinya dengan mencicil. Semaksimal mungkin anda menekan biaya bunga dengan memperoleh cicilan 0%. Apalagi jika barang yang anda beli termasuk ke dalam barang produktif atau aset produktif yang menghasilkan atau naik nilainya sepanjang waktu.

29 Biasakan Menawar

Kebiasaan menawar adalah kebiasaan baik. Anda tidak pernah tahu apakah barang yang anda lihat dan dipajang bisa dibeli dengan harga lebih murah dengan ditawar. Sayangnya masyarakat sekarang seringkali gengsi untuk menawar. Yakinlah kita bisa mendapatkan kesepakatan harga yang baik dengan pandai menawar harga.

30 Survey Sebelum Membeli

Survey barang yang anda butuhkan sebelum membeli. Bandingkan kualitas, harga dan jaminan setelah pembelian. Dengan internet membeli barang sekarang menjadi lebih mudah dan murah. Survey juga bisa dilakukan dengan cepat. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Menjadi smart shopper adalah sebuah pilihan yang bijak.

31 Pertimbangkan Membeli Barang Bekas

Di luar banyak barang bekas yang masih baik kondisinya. Entah karena orang itu mendapatkannya dari hadiah, menyesal setelah membeli, atau membutuhkan uang, keputusan mencari alternatif barang bekas dengan kondisi baik layak menjadi salah satu alternatif menemukan barang murah. Cermat melihat kondisi barang adalah kunci keberhasilannya.

32 Kurangi Rokok

Jika rata-rata orang merokok 1 bungkus sehari dengan harga sekitar Rp 15.000,- maka sebulan pengeluaran rokok menjadi sekitar Rp 450.000,-. Cukup untuk membeli investasi di reksadana ataupun membeli asuransi baik kesehatan atau jiwa yang bisa digunakan untuk keperluan masa depan.

33 TV Bersama untuk Keluarga

Ada baiknya TV diletakkan di ruang keluarga daripada berada di tiap-tiap kamar. Gunakan saat-saat menonton TV bersama keluarga sebagai saat-saat untuk bercengkrama dan mendidik anak. Di jaman yang serba sibuk ini kita sering kekurangan waktu untuk bersama keluarga. Dengan adanya TV di ruang keluarga, keluarga bisa lebih dekat dan antara anggota keluarga bisa belajar bertoleransi dalam penggunaan fasilitas bersama.

34 Gunakan Kartu Member Belanja

Hampir semua toko modern saat ini menawarkan kartu keanggotaan belanja. Ada baiknya anda mendaftarkan diri anda untuk mendapatkan penawaran dengan harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum. 

35 Stop Belanja Makanan Berlebihan

Lapar mata. Itu yang seringkali terjadi saat berbelanja. Kelihatannya semua bahan makanan perlu dibeli saat itu juga. Jangan lupakan makanan adalah termasuk kategori barang yang tidak bertahan lama. Lambat laun barang-barang bahan makanan itu akan membusuk jika tidak digunakan segera. Jika anda sering harus membuang bahan makanan karena busuk di tempat penyimpanan, ada baiknya anda hanya membeli tidak lebih dari yang anda butuhkan dalam jangka waktu pendek.

36 Gunakan Gadget untuk Menghemat Komunikasi

Teknologi diciptakan untuk menjadikan hidup kita lebih hemat, lebih mudah dan lebih efisien. Gunakan fasilitas komunikasi yang ada di gadget anda untuk memudahkan dan menghemat pengeluaran anda. 

37 Cari Sumber Informasi Gratis

Informasi dan pengetahuan saat ini bisa kita temukan dan cari hampir tanpa keluar uang dengan bantuan internet. Banyak situs-situs yang bisa membantu kita dalam pengembangan diri, menambah pengetahuan ataupun keahlian.

38 Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan juga salah satu investasi penting. Berapa biaya yang harus dikeluarkan dan berapa peluang yang hilang karena gangguan kesehatan. Jaga fungsi tubuh dengan rajin dan teratur berolahraga, makan-makanan bergizi dan sehat serta mengolah jiwa agar terjauh dari penyakit fisik maupun psikis.

39 Katakan Tidak Pada Penawaran yg Tidak Perlu atau Tidak Berguna (Meskipun Diskon)

Untuk beberapa orang, menolak penawaran itu sesuatu yang sulit dan canggung. Bagi individu seperti ini memberanikan diri untuk berkata tidak pada penawaran yang tidak perlu atau tidak berguna adalah penting. Perhatikan berapa banyak barang tidak berguna yang anda miliki di rumah karena tidak bisa berkata tidak.

40 Kelola Rumah Sendiri

Menggunakan pekerja rumah tangga memang mengurangi beban tenaga. Namun jika tidak dirasa perlu sekali, ada baiknya kita belajar untuk mengelola dan mengatur rumah sendiri. Banyak sisi positif yang bisa diperoleh dengan mengurangi ketergantungan kepada pekerja rumah tangga.

41 Beberapa Barang Hanya Tampak Menarik Ketika Dipajang

Cara toko memajang barang dagangan dan memberikan pencahayaan dan peletakan sudah dipertimbangkan dengan sangat matang. Hal ini yang membuat perbedaan ketika barang tersebut sudah sampai di rumah anda atau anda kenakan. Bahkan suasana toko tersebut sudah didesain sedemikian rupa untuk memancing hasrat belanja anda. Utamakan butuh sebelum ingin.

42 Gunakan Air Secara Efisien

Keuntungan hidup di negeri ini adalah air ada dimana-mana. Bahkan kita bisa menikmatinya hampir sepanjang waktu. Gunakan air secara efektif untuk mengurangi pengeluaran listrik ataupun air bersih. Kamar mandi modern dengan shower lebih menghemat penggunaan air dibandingkan bak mandi. 

43 Memilih Rute Jalan

Rencanakan rute harian anda. Upayakan untuk mengelola perjalanan dalam sekali perjalanan. Dekatkan lokasi-lokasi meeting point dalam satu area yang berdekatan agar tidak hanya efisien dalam sisi waktu, tapi juga tenaga dan energi.

44 Pelihara Kendaraan

Perawatan kendaraan yang baik dapat menambah umur kendaraan dan juga meningkatkan daya tawar saat dijual kembali. Belum lagi rasa tenang ketika menggunakannya dalam keseharian. Kendaraan yang terawat baik juga otomatis mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit dibandingkan yang kurang terawat.

45 Produktifkan Aset 

Memiliki aset-aset yang menganggur tidak terpakai adalah mubazir. Cari cara untuk memproduktifkan aset. Buat aset tersebut menjadi mesin uang anda, karena jika tidak aset tersebut akan menggerogoti kekayaan anda dari waktu ke waktu.

46 Rawat Barang-barang dengan Baik

Anda punya koleksi tas yang mahal dan bermerk? Rawatlah baik-baik. Bukan tidak mungkin suatu saat barang tersebut bisa anda daur ulang dan bisa anda jual kembali.

47 Simpan Uang Receh

Ini adalah salah satu kesalahan dalam mengelola uang. Ketika melihat uang dalam pecahan kecil (apalagi uang logam), otak kita seringkali sudah terprogram bahwa uang logam tidak penting. Akibatnya kita biarkan uang-uang receh ini pergi tanpa pengawasan. Mari sedikit berlatih. Coba kumpulkan uang logam yang anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang anda kumpulkan dalam sebulan.

48 Gunakan Pendingin Udara Hemat Energi

Pendingin udara adalah salah satu peralatan elektronik yang jamak ditemukan saat ini di kalangan masyarakat perkotaan. Jika anda masih menggunakan sistem pendingin udara lama, sebaiknya segera anda tinggalkan. Selain sudah berumur dan menggunakan daya yang besar, peralatan tersebut sangat tidak hemat energi. 

49 Hilangkan Iuran Bulanan yang Tidak Terpakai

Iuran adalah komitmen kita kepada pihak ketiga. Entah kita menggunakan atau tidak menggunakan pengeluaran ini tetap harus dilakukan. Iuran majalah yang berlebihan, iuran TV berlangganan yang tidak seluruh salurannya ditonton secara rutin, iuran pusat kebugaran yang tidak seluruhnya terpakai akan menjadi mubazir. Pilih dengan seksama iuran mana yang paling anda perlukan dalam keseharian anda untuk menunjang produktivitas atau kehidupan anda.

50 Mencoba Barang Baru

Jika ada penawaran produk baru, ada kalanya kita perlu mencoba. Karena biasanya barang baru dijual dengan harga promo (kecuali elektronik) agar orang mau mencoba. Dan biasanya barang baru dibuat dengan teknologi terbaru. Anda perlu membuka mata dan telinga jika ada peluang untuk mencoba barang baru yang lebih baik dengan harga yang lebih murah.

Be smart with your money!

(BR)

Comments

Popular posts from this blog

Servo Uang

Dikutip dari catatan seorang teman (Faradhita) Tulisan ini menjelaskan mengapa merubah kebiasaan dalam berbagai bidang... baik spiritual, intelektual, emosional, kesehatan, keuangan dan relasi membutuhkan kekuatan untuk berubah. Semoga bermanfaat... Pernahkan anda ingin melakukan sesuatu tapi tidak pernah terjadi ? misalnya ingin sehat..tetapi di hadapan anda selalu makanan enak, berkolsterol dan lemak. Ingin menabung tetapi selalu ada aja penyebab uang keluar dari kantong? Itulah Servo anda... yaitu suatu proses loop tertutup untuk mengkoreksi proses secara terus menerus agar tetap dapat menuju “target” yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, peluncuran peluru kendali menerapkan teknik servomechanism, dimana ketika target telah “dikunci”, maka gerakan peluru yang mulai melenceng akan direvisi ulang sehingga kembali menuju arah semula, proses revisi ini berlangsung terus menerus, sampai dengan akhirnya peluru kendali tepat mengenai sasaran yang telah ditetapkan. Apa hubungannya dengan p

Menyusun Portofolio Investasi Pribadi

Ketika anda berinvestasi, memadukan beragam jenis kelas aset yang berbeda untuk melakukan diversifikasi dan meminimalisasi resiko selalu menjadi pertanyaan. Bagaimana proses perencanaan investasi untuk mengoptimalkan keuntungan investasi dengan resiko minimal? Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam menyusun portofolio investasi anda. Menetapkan Kebutuhan Investasi Sebelum memulai berinvestasi, kita harus menentukan dulu apa tujuan dari investasi yang kita lakukan. Tentunya kita semua sepakat.. harapan dari berinvestasi adalah sudah jelas untuk memperoleh keuntungan. Benar keuntungan investasi yang anda inginkan, namun.. keuntungan investasi seperti apa tepatnya? Secara garis besar, kita menggolongkan keuntungan investasi dalam 3 kelompok. Pertama adalah untuk memperoleh pendapatan rutin dari investasi kita, kedua untuk meningkatkan nilai aset atau yang ketiga adalah paduan antara pendapatan rutin dan sekaligus kenaikan atau pertumbuhan nilai aset. Tujuan ini akan mempengaru

Plus Minus Punya Rekening Bersama Pasangan (Joint Account)

Untuk yang sudah berkeluarga pasti pernah kepikiran bagaimana mengelola keuangan bareng pasangan. Salah satu alat yang mudah adalah membuat rekening bersama ( joint account ) pasangan. Ada 2 jenis rekening bersama yang bisa kita buat. Yaitu adalah rekening bersama dalam format " or " dan " and ". " Or " maksudnya adalah otorisasi untuk dana keluar dapat dilakukan oleh salah satu pihak saja, baik suami atau istri. Sedangan rekening bersama jenis "and" berarti untuk otorisasi transaksi rekening membutuhkan persetujuan 2 pihak yaitu suami dan istri tidak bisa salah satunya. Berikut ini adalah plus minus memiliki rekening bersama untuk yang sudah menikah.  Plus: Bisa untuk rekening penampung keperluan rumah tangga, jadi kedua pasangan bisa mengetahui kebutuhan pengeluaran rumah tangga sebulan. Saling memonitor pengeluaran rumah tangga yang sudah dan belum dikeluarkan serta pengecekan dana yang masih tersedia dari mulai awal bulan hingga akhir bu