02 February 2014

50 Cara Menghemat Pengeluaran



Berhemat adalah salah satu cara untuk menciptakan surplus yang paling mudah dan cepat dilakukan. Berhemat tidak sama dengan kikir atau pelit. Berhemat adalah mengefektifkan pengeluaran agar tidak mubazir dalam penggunaannya. Dengan berhemat kita dapat mewujudkan masa depan seperti membiayai pendidikan anak, membeli rumah idaman, mewujudkan kualitas kehidupan di hari tua yang lebih baik, berinvestasi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa teknik berhemat yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran dan menciptakan surplus dalam keuangan kita.

1 Mengurangi Makan di Luar

Apakah anda termasuk orang yang sering makan di luar ketika jam makan siang kantor? Atau Anda sering membuat janji temu di luar bersama kolega, rekan bisnis atau teman? Dengan mengelola pengeluaran makan siang saja anda bisa berhemat sangat banyak. Saat ini pengeluaran untuk makan siang bisa mencapai Rp 35 - 50 ribu untuk sekali makan di kafe atau resto atau bahkan lebih. Membawa bekal dari rumah bisa menjadi solusi pengeluaran makan siang dan berkontribusi besar pada kemampuan menabung anda.

2 Mal Hanya Ketika Ada Kebutuhan

Berapa kali dalam sebulan anda pergi ke pusat perbelanjaan atau mal? Coba kalkulasi biaya parkir anda selama anda berada di pusat perbelanjaan. Tidak sedikit bukan? Apalagi jika anda berada di sana hingga berjam-jam. Anda merubah penghasilan yang dengan susah payah anda cari dan anda berikan begitu saja kepada pengelola parkir. Kunjungi mal jika memang anda memiliki kebutuhan dan efisiensikan keberadaan anda di sana. 

3 Membayar Cicilan Tepat Waktu

Hindari denda dan pinalti karena pembayaran cicilan yang terlambat. Jika anda memiliki hutang kartu kredit, pertimbangkan untuk melunasinya lebih cepat karena anda tidak bisa melunasi kartu kredit dengan pembayaran minimum. Dan bunga kartu kredit adalah salah satu bunga hutang konsumtif yang terbesar. Hati-hati dalam menggunakannya agar hutang anda tidak menumpuk.

4 Manfaatkan Promo dan Poin Hadiah Kartu Kredit

Namun, bukan berarti kartu kredit tidak memiliki kegunaan. Banyak merchants yang bekerjasama dengan kartu kredit dan memberikan potongan harga khusus untuk berbagai produk atau jasa. Baik itu restoran, barang elektronik dan lain sebagainya. Dan jangan lupa anda memiliki poin hadiah dalam setiap transaksi anda menggunakan kartu kredit. Jika anda menggunakannya dengan seksama, kartu kredit dapat menjadi kawan berhemat yang baik.

5 Menggunakan Satu Alat Transportasi untuk Bersama

Jika anda memiliki beberapa kenalan yang memiliki rute harian yang sama dengan waktu yang sama, serta berangkat atau pulang dengan waktu yang hampir bersamaan. Pertimbangkan untuk menggunakan satu kendaraan untuk bersama. Anda bisa berbagi pengeluaran kendaraan bersama teman-teman anda. Tentunya ini lebih murah daripada jika anda harus menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi pekerjaan anda. 

6 Makan dengan Menu Bersama

Makan siang di luar bersama teman-teman juga dapat lebih murah dan terjangkau ketika kita memutuskan untuk memakai menu bersama layaknya kita makan bersama keluarga. Seringkali porsi makan paket yang disajikan di restoran cukup besar untuk berdua. Dengan menu bersama, anda bisa mencicipi menu lain tanpa biaya tambahan. 

7 Merencanakan Pengeluaran Besar

Dalam hidup kita memiliki beberapa pengeluaran besar baik dalam jangka pendek, menengah ataupun panjang. Jika kita merencanakan terlebih dahulu dan mengantisipasi pengeluaran-pengeluaran besar ini, kita bisa memilih instrumen investasi terbaik yang bisa kita miliki. Artinya kita bisa berhemat dan mengantisipasi pengeluaran besar itu pada saat pengeluaran itu tiba. Bahkan dalam beberapa kasus pengeluaran itu bisa kita biayai dengan lebih murah karena ada kompensasi dari keuntungan investasi. Membuat rencana keuangan membantu anda untuk membeli masa depan dengan biaya lebih murah.

8 Merencanakan Liburan Lebih Awal

Membeli tiket pesawat, akomodasi hotel dan sewa kendaraan lebih awal biasanya jauh lebih murah. Banyak maskapai penerbangan dan hotel yang memberikan potongan harga khusus di saat-saat low season atau ketika anda memesan jauh-jauh hari. Gunakan promo hotel dan tiket penerbangan murah maka anda bisa berhemat bahkan anda bisa menikmati kualitas liburan yang lebih baik dengan anggaran yang sama. 

9 Manfaatkan Sale Tahunan

Meskipun hampir setiap bulan selalu ada Sale, sebut saja Lebaran Sale, Christmas Sale, End of Year Sale, Clearance Sale, Valentine's Sale dan sale-sale yang lainnya. Tapi selalu ada saja sale khusus yang memberikan potongan harga lebih dari 50-60%. Manfaatkan diskon tahunan ini untuk mendapatkan barang terbaik dengan kurang dari separuh harga.

10 Memodifikasi Penampilan

Biasanya kita ingin tampil berbeda dalam setiap kesempatan. Jangan buru-buru membeli pakaian baru agar terlihat berbeda. Dengan sedikit perubahan pada kombinasi-kombinasi warna pakaian, tambahan aksesoris dan gaya rambut anda juga bisa terlihat berbeda dan tetap menarik. Kombinasi stok pakaian lama dengan pakaian baru mungkin juga bisa digunakan untuk merubah tampilan anda. Pintar-pintar mencari referensi untuk mendapatkan kombinasi terbaik.

11 Hemat Listrik

Seberapa sering anda membiarkan alat elektronik tersambung dengan steker atau sumber listrik? Meskipun tidak digunakan, peralatan elektronik yang terhubung dengan sumber listrik tetap menyedot listrik dari sumbernya. Matikan jika tidak digunakan dan lepaskan dari sumber listriknya. Gunakan juga peralatan penghemat listrik yang banyak dijual di pasar. Peralatan tersebut fungsinya adalah memperbaiki kualitas listrik yang ada di rumah sehingga penggunaannya lebih baik. 

12 Mengemudi Efektif

Teknik mengemudi yang baik bisa menghemat pengeluaran BBM hingga 10%. Perilaku mengemudi yang baik juga bisa menambah usia kendaraan sehingga mengurangi biaya pemeliharaan. Banyak sumber di internet yang mengajarkan cara mengemudi yang baik dan hemat bahan bakar. Praktekkan dan latih dalam keseharian.

13 Hindari Macet

Kemacetan di Jakarta seringkali tidak bisa dihindari, namun masih bisa disiasati dengan mengatur jadwal perjalanan kita setiap hari atau mengatur rute perjalanan yang tidak terlalu padat. Tidak selalu berhasil, namun jika setidaknya kita bisa mengurangi 50% perjalanan kita dalam kemacetan, efisiensi bahan bakar bisa cukup signifikan.

14 Daur Ulang Barang-barang Bekas yang Sudah Tak Terpakai

Cek barang-barang dan peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai. Beberapa mungkin sudah menjadi penghuni gudang atau beberapa mungkin ada yang menjadi barang incaran kolektor. Jika masih bisa memiliki nilai, ada baiknya barang-barang tersebut kita jual dan hasil penjualannya mungkin bisa menjadi tambahan investasi atau tabungan anda. Selain menghindari penumpukan barang di rumah, juga bisa melatih intuisi kita dalam keputusan berbelanja di masa yang akan datang.

15 Transfer Saldo Cicilan Kartu Kredit

Kartu kredit anda berbunga tinggi? Jika ada tawaran pinjaman lunak berbunga rendah anda juga dapat menjadikan hal ini sebagai alternatif pelunasan kartu kredit anda. Yang harus anda pastikan adalah ketika anda merubah cicilan kartu kredit menjadi pinjaman lain, pinjaman tersebut berubah menjadi sebuah pinjaman cicilan tetap. Disini kemampuan mencicil harus dipertimbangkan.

16 Membeli Produk Buatan Supermarket

Terkadang kita temui supermarket yang biasanya kita kunjungi menjual produk-produk sejenis dengan mereknya sendiri. Dan umumnya produk tersebut dijual dengan harga di bawah harga barang sejenis dengan merek yang sudah dikenal. Barang-barang ini bisa dijadikan sebagai alternatif belanja yang lebih murah untuk kategori yang sama atau menjadi barang substitusi kebutuhan rutin bulanan anda.

17 Belanja Bersama

Membeli barang dalam jumlah grosir tentunya akan mendapatkan harga grosir. Untuk menyiasati pengeluaran rutin bisa juga kita melakukan belanja rutin bersama teman-teman untuk mendapatkan harga grosir. Tentunya kegiatan ini harus dilakukan di toko grosir yang menjual barang kebutuhan rumah tangga secara grosir.  

18 Kurangi Iuran Tahunan Pusat Kebugaran

Seberapa sering anda datang ke pusat kebugaran? Jika seandainya penghematan yang anda lakukan tidak signifikan, membayar sesuai kehadiran akan lebih menghemat uang anda dibandingkan dengan membayar iuran keanggotaan pusat kebugaran secara tahunan. Biasanya kebanyakan orang membayar iuran keanggotaan karena terlihat jauh lebih murah, namun ternyata seringkali mereka tidak konsisten dalam memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Akhirnya bisa jadi keanggotaan di pusat kebugaran itu menjadi mubazir dan sia-sia karena tidak terpakai.

19 Bersepeda Menuju Tempat Kerja atau Menggunakan Kendaraan Umum

Bike to work. Kenapa tidak? Selain hemat, kegiatan ini juga menyehatkan dan mengurangi polusi lingkungan. Pastikan keamanan perjalanan dan kesehatan sepeda anda. Menggunakan fasilitas kendaraan umum juga menjadi alternatif yang baik jika lokasi rumah anda jauh dari lokasi kantor.

20 Kurangi Gadget di Rumah

Rata-rata rumah tangga memiliki 3 gadget di rumahnya. Dan setiap gadget biasanya harus terkoneksi dengan internet. Jika masing-masing gadget memiliki langganan jaringannya sendiri tentu ini akan menjadi pengeluaran yang berlebihan. Jika gadget tersebut tidak terlalu sering digunakan ada baiknya kita saling berbagi dalam penggunaannya.

21 Gunakan Fasilitas Wifi Bersama

Koneksikan jaringan di rumah dengan jaringan wifi sehingga anda cukup hanya memiliki satu jaringan internet untuk semua perangkat elektronik anda yang membutuhkan jaringan internet. Bahkan bisa juga anda menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa rumah dalam satu kawasan. Perhatikan ketentuan dari provider untuk hal ini.

22 Berkebun Di Rumah

Menanam sendiri buah atau sayuran kesukaan. Selain hasilnya bisa dinikmati sendiri, bisa juga sebagian hasilnya dijual. Saat ini ada komunitas-komunitas berkebun yang semakin berkembang. Sebut saja misalnya komunitas Indonesia Berkebun . Mereka mengajarkan cara memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk berkebun dan sekaligus juga memanfaatkan dan memasarkan hasil dari kebun tersebut. 

23 Budayakan ASI

Susu adalah kebutuhan utama bayi. Dan tidak ada susu terbaik bagi bayi selain air susu ibu (ASI). Dengan mengutamakan pemberian ASI kepada bayi selama masa pertumbuhan 2 tahun pertama bayi, biaya penghematan susu formula bisa dialihkan untuk investasi masa depan lainnya, seperti untuk dana pendidikan anak nantinya misalnya.

24 Lokasi Strategis Tempat Tinggal

Lokasi tempat tinggal yang terlalu jauh dari lokasi pekerjaan selain akan menghabiskan energi juga akan menguras kantong karena biaya transportasi yang tinggi. Pertimbangkan untuk mendekatkan lokasi rumah dengan lokasi pekerjaan atau aktivitas harian seperti sekolah anak. 

25 Cari Alternatif Rekreasi Akhir Pekan Bersama Keluarga

Mal saat ini menjadi satu-satunya hiburan bagi masyarakat urban untuk rekreasi keluarga. Padahal masih banyak alternatif berakhir pekan lainnya selain di mal. Kita bisa mengajak keluarga ke tempat-tempat rekreasi lain yang lebih edukatif seperti kebun binatang, pusat budaya, tempat bersejarah ataupun museum. 

26 Rekening Tabungan Tanpa Biaya Administrasi

Kurangi pengeluaran bulanan dengan memilih tabungan yang bebas biaya administrasi. Dengan fasilitas ini uang kita akan terbebas dari pengeluaran yang tidak perlu, dan bunga tabungan bisa tetap utuh menjadi milik kita.

27 Bebaskan Iuran Tahunan Kartu Kredit

Gunakan fasilitas bebas iuran tahunan dari kartu kredit anda. Iuran tahunan kartu kredit anda sudah bisa digunakan untuk berinvestasi di reksadana. Jika kita bisa menghemat pengeluaran ini bukan tidak mungkin hasil penghematan tersebut bisa kita gunakan untuk hari tua kita.

28 Cicilan 0%

Tidak salah memanfaatkan fasilitas ini. Jika anda memang membutuhkan sebuah barang dengan segera, dan anda harus membelinya dengan mencicil. Semaksimal mungkin anda menekan biaya bunga dengan memperoleh cicilan 0%. Apalagi jika barang yang anda beli termasuk ke dalam barang produktif atau aset produktif yang menghasilkan atau naik nilainya sepanjang waktu.

29 Biasakan Menawar

Kebiasaan menawar adalah kebiasaan baik. Anda tidak pernah tahu apakah barang yang anda lihat dan dipajang bisa dibeli dengan harga lebih murah dengan ditawar. Sayangnya masyarakat sekarang seringkali gengsi untuk menawar. Yakinlah kita bisa mendapatkan kesepakatan harga yang baik dengan pandai menawar harga.

30 Survey Sebelum Membeli

Survey barang yang anda butuhkan sebelum membeli. Bandingkan kualitas, harga dan jaminan setelah pembelian. Dengan internet membeli barang sekarang menjadi lebih mudah dan murah. Survey juga bisa dilakukan dengan cepat. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Menjadi smart shopper adalah sebuah pilihan yang bijak.

31 Pertimbangkan Membeli Barang Bekas

Di luar banyak barang bekas yang masih baik kondisinya. Entah karena orang itu mendapatkannya dari hadiah, menyesal setelah membeli, atau membutuhkan uang, keputusan mencari alternatif barang bekas dengan kondisi baik layak menjadi salah satu alternatif menemukan barang murah. Cermat melihat kondisi barang adalah kunci keberhasilannya.

32 Kurangi Rokok

Jika rata-rata orang merokok 1 bungkus sehari dengan harga sekitar Rp 15.000,- maka sebulan pengeluaran rokok menjadi sekitar Rp 450.000,-. Cukup untuk membeli investasi di reksadana ataupun membeli asuransi baik kesehatan atau jiwa yang bisa digunakan untuk keperluan masa depan.

33 TV Bersama untuk Keluarga

Ada baiknya TV diletakkan di ruang keluarga daripada berada di tiap-tiap kamar. Gunakan saat-saat menonton TV bersama keluarga sebagai saat-saat untuk bercengkrama dan mendidik anak. Di jaman yang serba sibuk ini kita sering kekurangan waktu untuk bersama keluarga. Dengan adanya TV di ruang keluarga, keluarga bisa lebih dekat dan antara anggota keluarga bisa belajar bertoleransi dalam penggunaan fasilitas bersama.

34 Gunakan Kartu Member Belanja

Hampir semua toko modern saat ini menawarkan kartu keanggotaan belanja. Ada baiknya anda mendaftarkan diri anda untuk mendapatkan penawaran dengan harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum. 

35 Stop Belanja Makanan Berlebihan

Lapar mata. Itu yang seringkali terjadi saat berbelanja. Kelihatannya semua bahan makanan perlu dibeli saat itu juga. Jangan lupakan makanan adalah termasuk kategori barang yang tidak bertahan lama. Lambat laun barang-barang bahan makanan itu akan membusuk jika tidak digunakan segera. Jika anda sering harus membuang bahan makanan karena busuk di tempat penyimpanan, ada baiknya anda hanya membeli tidak lebih dari yang anda butuhkan dalam jangka waktu pendek.

36 Gunakan Gadget untuk Menghemat Komunikasi

Teknologi diciptakan untuk menjadikan hidup kita lebih hemat, lebih mudah dan lebih efisien. Gunakan fasilitas komunikasi yang ada di gadget anda untuk memudahkan dan menghemat pengeluaran anda. 

37 Cari Sumber Informasi Gratis

Informasi dan pengetahuan saat ini bisa kita temukan dan cari hampir tanpa keluar uang dengan bantuan internet. Banyak situs-situs yang bisa membantu kita dalam pengembangan diri, menambah pengetahuan ataupun keahlian.

38 Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan juga salah satu investasi penting. Berapa biaya yang harus dikeluarkan dan berapa peluang yang hilang karena gangguan kesehatan. Jaga fungsi tubuh dengan rajin dan teratur berolahraga, makan-makanan bergizi dan sehat serta mengolah jiwa agar terjauh dari penyakit fisik maupun psikis.

39 Katakan Tidak Pada Penawaran yg Tidak Perlu atau Tidak Berguna (Meskipun Diskon)

Untuk beberapa orang, menolak penawaran itu sesuatu yang sulit dan canggung. Bagi individu seperti ini memberanikan diri untuk berkata tidak pada penawaran yang tidak perlu atau tidak berguna adalah penting. Perhatikan berapa banyak barang tidak berguna yang anda miliki di rumah karena tidak bisa berkata tidak.

40 Kelola Rumah Sendiri

Menggunakan pekerja rumah tangga memang mengurangi beban tenaga. Namun jika tidak dirasa perlu sekali, ada baiknya kita belajar untuk mengelola dan mengatur rumah sendiri. Banyak sisi positif yang bisa diperoleh dengan mengurangi ketergantungan kepada pekerja rumah tangga.

41 Beberapa Barang Hanya Tampak Menarik Ketika Dipajang

Cara toko memajang barang dagangan dan memberikan pencahayaan dan peletakan sudah dipertimbangkan dengan sangat matang. Hal ini yang membuat perbedaan ketika barang tersebut sudah sampai di rumah anda atau anda kenakan. Bahkan suasana toko tersebut sudah didesain sedemikian rupa untuk memancing hasrat belanja anda. Utamakan butuh sebelum ingin.

42 Gunakan Air Secara Efisien

Keuntungan hidup di negeri ini adalah air ada dimana-mana. Bahkan kita bisa menikmatinya hampir sepanjang waktu. Gunakan air secara efektif untuk mengurangi pengeluaran listrik ataupun air bersih. Kamar mandi modern dengan shower lebih menghemat penggunaan air dibandingkan bak mandi. 

43 Memilih Rute Jalan

Rencanakan rute harian anda. Upayakan untuk mengelola perjalanan dalam sekali perjalanan. Dekatkan lokasi-lokasi meeting point dalam satu area yang berdekatan agar tidak hanya efisien dalam sisi waktu, tapi juga tenaga dan energi.

44 Pelihara Kendaraan

Perawatan kendaraan yang baik dapat menambah umur kendaraan dan juga meningkatkan daya tawar saat dijual kembali. Belum lagi rasa tenang ketika menggunakannya dalam keseharian. Kendaraan yang terawat baik juga otomatis mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit dibandingkan yang kurang terawat.

45 Produktifkan Aset 

Memiliki aset-aset yang menganggur tidak terpakai adalah mubazir. Cari cara untuk memproduktifkan aset. Buat aset tersebut menjadi mesin uang anda, karena jika tidak aset tersebut akan menggerogoti kekayaan anda dari waktu ke waktu.

46 Rawat Barang-barang dengan Baik

Anda punya koleksi tas yang mahal dan bermerk? Rawatlah baik-baik. Bukan tidak mungkin suatu saat barang tersebut bisa anda daur ulang dan bisa anda jual kembali.

47 Simpan Uang Receh

Ini adalah salah satu kesalahan dalam mengelola uang. Ketika melihat uang dalam pecahan kecil (apalagi uang logam), otak kita seringkali sudah terprogram bahwa uang logam tidak penting. Akibatnya kita biarkan uang-uang receh ini pergi tanpa pengawasan. Mari sedikit berlatih. Coba kumpulkan uang logam yang anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang anda kumpulkan dalam sebulan.

48 Gunakan Pendingin Udara Hemat Energi

Pendingin udara adalah salah satu peralatan elektronik yang jamak ditemukan saat ini di kalangan masyarakat perkotaan. Jika anda masih menggunakan sistem pendingin udara lama, sebaiknya segera anda tinggalkan. Selain sudah berumur dan menggunakan daya yang besar, peralatan tersebut sangat tidak hemat energi. 

49 Hilangkan Iuran Bulanan yang Tidak Terpakai

Iuran adalah komitmen kita kepada pihak ketiga. Entah kita menggunakan atau tidak menggunakan pengeluaran ini tetap harus dilakukan. Iuran majalah yang berlebihan, iuran TV berlangganan yang tidak seluruh salurannya ditonton secara rutin, iuran pusat kebugaran yang tidak seluruhnya terpakai akan menjadi mubazir. Pilih dengan seksama iuran mana yang paling anda perlukan dalam keseharian anda untuk menunjang produktivitas atau kehidupan anda.

50 Mencoba Barang Baru

Jika ada penawaran produk baru, ada kalanya kita perlu mencoba. Karena biasanya barang baru dijual dengan harga promo (kecuali elektronik) agar orang mau mencoba. Dan biasanya barang baru dibuat dengan teknologi terbaru. Anda perlu membuka mata dan telinga jika ada peluang untuk mencoba barang baru yang lebih baik dengan harga yang lebih murah.

Be smart with your money!

(BR)

13 comments:

  1. Bantu buat Kartu Kredit dan Kta BANK ANZ 10 - 300 jt tenor 3 th di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara dana instant tanpa jaminan 100% berkas aman cukup fc ktp dan kartu kredit limit min 5 jt usia 1 th usia nasabah min 22 th dan maksimal 55 th npwp dan cover tabungan. proses maks 10 hari kerja.bunga mulai 1.6% tenor sampai 3 tahun bila berminat hub chairul sarto utomo via sms telp088215334251 dan 085600125176 pin bb 52b77bdc fb chairul ichsan buana
    KTA BANK ANZ AKAN PENUHI SEGALA KEBUTUHAN ANDA , KARYAWAN ATAU OWNER BUAT NAMBAH MODAL USAHA,PERNIKAHAN,PENDIDIKAN,RENOVASI RUMAH DLL PROSES MUDAH,CEPAT MAKSIMAL 10 HARI KERJA DANA LANGSUNG DI TRANSFER KE REKENING ANDA DIMANAPUN ANDA BERADA DI SELURUH PELOSOK NUSANTARA
    Jl ruko pandanaran no 36 semarang lantai 2
    100% AMAN, TANPA PENIPUAN FOTO GUE ASLI LHOO grin emotikon

    MARKETING CHAIRUL SARTO UTOMO
    facebook iroelcomet@gmail.com, email rooly88@gmail.com,

    ReplyDelete
  2. WWW.BATIKET.COM

    PENJUALAN TIKET TOUR & TRAVEL
    KAMI MENYEDIAKAN TIKET PESAWAT , KRETA API DAN HOTEL
    CS : 085321726497 | 0852-3604-1950 (whatsapp) | Pin: 526DCF55

    KAMI ADALAH PERUSAHAAN PENYEDIA TIKET PESAWAT,KRETA API DAN HOTEL
    KAMI SEDANG DALAM TAHAP PENGEMBANGAN SISTEM TIKE ONLINE YANG TERINTEGRASI DENGAN MSKAPAI PENERBANGAN DAN STASIUN KRETA API SELURUH INDONESIA DAN SELAMA PENGEMBANGAN SISTEM, TIKET DAPAT ANDA PESAN DENGAN HARGA PROMO DARI KAMI.


    INFORMASI HARGA TIKET
    Untuk mendapatkan informasi harga tiket cukup kirim SMS dengan Format sebagi berikut :
    Misal untuk Cari Info Harga Pesawat:
    KETIK: pesawat#kota keberangkatan#kota tujuan
    CONTOH pesawat#jakarta#bali

    Misal untuk Cari Info Harga Kreta API:
    KETIK: kai#kota keberangkatan#kota tujuan
    CONTOH kai#jakarta#bandung
    Kirim Ke :
    085321726497
    TUNGGU RESPON DARI KAMI UNTUK PENAWARAN HARGA TERBAIK ANDA



    CARA PEMESANAN TIKET

    Simple ,Praktis dan cepat

    Jika anda sudah mengetahui informasi harga tiket yang anda pesan silahkan hubungi kami di 085321726497 | 0852-3604-1950 (whatsapp) | Pin: 526DCF55
    Kami akan memproses permintaan anda secara cepat

    ReplyDelete
  3. berapa persen maksimal cicilan yang bisa kita ikuti dari jumlah penghasilan kita?

    ReplyDelete
  4. Tips yang bermainfaat banget,, ini juga ada info menarik elevenia bagi bagi voucher hingga satu juta

    ReplyDelete
  5. (ANS)
    Terimakasih Informasinya sangat bermanfaat
    Sertifikasi ISO

    ReplyDelete
  6. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    ReplyDelete
  7. keren komplit banget isinya, ada lagi nih mas kalo mau hemat belanja harian pake kartu ezeelink karena ada banyak voucher diskon juga banyak bonus nya

    ReplyDelete
  8. selltiket.com menyediakan tiket pesawat, tiket kereta api dan voucher hotel dengan harga paling terjangkau
    dan jangan lupa di http://selltiket.com

    mau berbisnis dengan keuntungan tiket full langsung aja di http://selltiket.com

    ReplyDelete
  9. tips yang lengkap, semoga bermanfaat.. kalian juga bisa dapetin cashback cuma-cuma , tanpa syarat yang mengikat, bulat-bulat, gk jelas!

    ReplyDelete
  10. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    ReplyDelete
  11. Jangan fokus untuk berhemat, tetapi fokuslah untuk menambah penghasilan. Ayo gabung dengan saya untuk menambah penghasilan. Akan saya beritahu bagaimana rahasianya bisa dapat penghasilan 30 juta per bulan dalam 8 bulan ke depan Ayo chat dengan saya WA 088226144373

    ReplyDelete