Skip to main content

Berapa Idealnya Rekening Tabungan yang Harus Dimiliki?

Hal sederhana tapi sering luput dari perhatian ketika melakukan pengelolaan keuangan pribadi adalah sebenarnya berapa banyak rekening tabungan yang perlu dimiliki seseorang. Apakah satu rekening saja tidak cukup?

Ada alasan tertentu mengapa kita perlu membuat beberapa rekening untuk tabungan kita. Pertama adalah untuk kemudahan dalam melakukan monitoring atas perkembangan keuangan kita. Kesalahan dalam melakukan manajemen keuangan adalah mencampurkan uang hasil pendapatan, kebutuhan arus kas bulanan dan tabungan dalam satu rekening. Dampaknya, seringkali kita berpikir telah menabung namun ternyata ujungnya terpakai untuk membayar pengeluaran karena tidak bisa membedakan uang yang direncanakan untuk belanja sehari-hari dan kebutuhan sebagai simpanan masa depan.

Kedua adalah untuk mendisiplinkan diri dalam mengelola keuangan. Dengan memiliki beberapa rekening dengan tujuan masing-masing maka kita memiliki kendali atas uang kita. Misalnya, jika kita sudah mengalokasikan sejumlah uang untuk rekening pengeluaran pajak, maka kita tidak akan menyentuh uang yang sudah kita sisihkan tadi kecuali untuk keperluan membayar pajak.

Ketiga adalah untuk memudahkan dalam perencanaan pengeluaran. Ada beberapa pengeluaran tahunan yang cukup besar dan bisa mengganggu cash flow, misalnya menyediakan THR untuk asisten rumah tangga. Akan lebih mudah jika kita mencicil pengeluaran ini menjadi pengeluaran bulanan dalam sebuah rekening tertentu. Sehingga ketika saatnya tiba, kita cukup mengeluarkannya dari rekening tersebut tanpa harus pusing memikirkan gangguan arus kas.

Berdasarkan alasan tersebut maka sebaiknya rekening tabungan kita dapat dipisahkan berdasarkan kebutuhannya dalam beberapa kategori:


  1. Rekening arus kas bulanan, rekening ini ditujukan untuk mengcover pengeluaran rutin bulanan seperti kebutuhan belanja bulanan, pembayaran utilitas (listrik dan air), transportasi, membayar iuran RT, kebutuhan pengeluaran rutin untuk anak dan pribadi dan lain sebagainya
  2. Rekening arus kas tahunan, rekening ini ditujukan untuk merencanakan pengeluaran yang rutin namun dibayarkan tahunan di bulan-bulan tertentu seperti membayar pajak rumah dan kendaraan, premi asuransi, THR asisten rumah tangga dan perbaikan rumah. Meskipun penggunaannya tahunan namun baiknya rekening ini di isi secara bulanan dengan mencicil agar ketika dananya dibutuhkan sudah tersedia.
  3. Rekening hiburan dan rekreasi, rekening ini adalah rekening untuk memenuhi kebutuhan liburan dan hiburan keluarga untuk kesenangan. Dapat dibelanjakan untuk pengeluaran liburan terencana yang biasanya dilakukan 1-2 kali dalam setahun. Dengan memiliki rekening terpisah untuk hiburan dan rekreasi, kita tidak perlu merasa bersalah ketika menggunakan uang yang sudah dialokasikan untuk kesenangan.
  4. Rekening jaga-jaga, sebagaimana namanya rekening ini berfungsi untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga. Baiknya rekening ini adalah sekaligus juga berfungsi sebagai rekening penerima pembayaran gaji sebelum akhirnya dialokasikan untuk keperluan lainnya. Perencana keuangan umumnya merekomendasikan sekitar minimal 3 kali pengeluaran rutin bulanan untuk dana ini.
  5. Rekening tujuan jangka pendek. Jika anda memiliki keperluan jangka pendek (kurang dari 2 tahun) seperti mengumpulkan uang untuk DP kendaraan atau lainnya. Maka sebaiknya dana ini dipisahkan dalam rekening tersendiri untuk memonitor perkembangannya. Ada baiknya rekening ini sekaligus diikutkan dalam sebuah tabungan rencana yang akan didebet secara otomatis oleh pihak bank untuk mendisiplinkan. Untuk tujuan keuangan yang lebih panjang biasanya perencana keuangan akan merekomendasikan sebuah rencana investasi yang lebih agresif sesuai dengan profil dan kemampuan individu.

Yang harus diperhatikan adalah sebenarnya setiap rekening artinya akan ada biaya tambahan yang diperlukan, dan setiap melakukan transfer antar rekening pun berarti akan ada tambahan biaya. Kita perlu meminimalisir biaya ini agar jangan sampai nantinya biaya ini menggerus tabungan kita, namun jangan sampai karena masalah biaya akhirnya kita mengabaikan manfaat dari pengelolaan uang kita. Selamat mencoba!

Be smart with your money! (BR)

Comments

Popular posts from this blog

Servo Uang

Dikutip dari catatan seorang teman (Faradhita) Tulisan ini menjelaskan mengapa merubah kebiasaan dalam berbagai bidang... baik spiritual, intelektual, emosional, kesehatan, keuangan dan relasi membutuhkan kekuatan untuk berubah. Semoga bermanfaat... Pernahkan anda ingin melakukan sesuatu tapi tidak pernah terjadi ? misalnya ingin sehat..tetapi di hadapan anda selalu makanan enak, berkolsterol dan lemak. Ingin menabung tetapi selalu ada aja penyebab uang keluar dari kantong? Itulah Servo anda... yaitu suatu proses loop tertutup untuk mengkoreksi proses secara terus menerus agar tetap dapat menuju “target” yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, peluncuran peluru kendali menerapkan teknik servomechanism, dimana ketika target telah “dikunci”, maka gerakan peluru yang mulai melenceng akan direvisi ulang sehingga kembali menuju arah semula, proses revisi ini berlangsung terus menerus, sampai dengan akhirnya peluru kendali tepat mengenai sasaran yang telah ditetapkan. Apa hubungannya dengan p

Menyusun Portofolio Investasi Pribadi

Ketika anda berinvestasi, memadukan beragam jenis kelas aset yang berbeda untuk melakukan diversifikasi dan meminimalisasi resiko selalu menjadi pertanyaan. Bagaimana proses perencanaan investasi untuk mengoptimalkan keuntungan investasi dengan resiko minimal? Berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam menyusun portofolio investasi anda. Menetapkan Kebutuhan Investasi Sebelum memulai berinvestasi, kita harus menentukan dulu apa tujuan dari investasi yang kita lakukan. Tentunya kita semua sepakat.. harapan dari berinvestasi adalah sudah jelas untuk memperoleh keuntungan. Benar keuntungan investasi yang anda inginkan, namun.. keuntungan investasi seperti apa tepatnya? Secara garis besar, kita menggolongkan keuntungan investasi dalam 3 kelompok. Pertama adalah untuk memperoleh pendapatan rutin dari investasi kita, kedua untuk meningkatkan nilai aset atau yang ketiga adalah paduan antara pendapatan rutin dan sekaligus kenaikan atau pertumbuhan nilai aset. Tujuan ini akan mempengaru

Plus Minus Punya Rekening Bersama Pasangan (Joint Account)

Untuk yang sudah berkeluarga pasti pernah kepikiran bagaimana mengelola keuangan bareng pasangan. Salah satu alat yang mudah adalah membuat rekening bersama ( joint account ) pasangan. Ada 2 jenis rekening bersama yang bisa kita buat. Yaitu adalah rekening bersama dalam format " or " dan " and ". " Or " maksudnya adalah otorisasi untuk dana keluar dapat dilakukan oleh salah satu pihak saja, baik suami atau istri. Sedangan rekening bersama jenis "and" berarti untuk otorisasi transaksi rekening membutuhkan persetujuan 2 pihak yaitu suami dan istri tidak bisa salah satunya. Berikut ini adalah plus minus memiliki rekening bersama untuk yang sudah menikah.  Plus: Bisa untuk rekening penampung keperluan rumah tangga, jadi kedua pasangan bisa mengetahui kebutuhan pengeluaran rumah tangga sebulan. Saling memonitor pengeluaran rumah tangga yang sudah dan belum dikeluarkan serta pengecekan dana yang masih tersedia dari mulai awal bulan hingga akhir bu